Sejarah game online termasuk kontribusi oleh perusahaan yang berbeda dan entitas.Game online mulai sebagai game multiplayer, tetapi telah berkembang untuk memasukkan server game online dan pengaturan massal-multiplayer game online.
Multiplayer game dimulai pada tahun 1972 dengan PLATO.

MUD adalah permainan jaringan pertama.

MAD pada BITNET adalah permainan multiplayer pertama di seluruh dunia.

Game Maze War memulai pengembangan host game server.

Neverwinter Nights adalah MMORPG grafis pertama.

Doom merintis jalan sebagai pemain jujur dalam permainan multiplayer pertama.
Doom membuat tengara utama sebagai permainan penembak orang pertama dengan kemampuan multiplayer pada tahun 1993. Anda bisa terhubung dan bermain dengan orang lain melalui jaringan lokal, atau Anda langsung bisa dial ke orang lain melalui modem Anda. Doom juga melahirkan penciptaan DWANGO, layanan independen yang cocok pemain sampai online untuk mempromosikan game multiplayer.

Quake membuka jalan untuk bermain game multiplayer modern.

Ultima Online adalah awal dari MMO.

Awal Mula Pengembangan Game Online menjadi sebuah Bisnis yang Menguntungkan
Periode kesuksesan munculnya Generasi Game Online pertama Januari 1997 – April 2001

Mulainya persaingan Mei 2001 – April 2002

Sebenarnya, saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan modal untuk Ultima Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini membuat banyak pelanggan Ultima Online kehilangan antisipasi pada Ultima Online2 dan mencoba game-game lain. Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima Online karena meramalkan Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan game-game yang akan datang, terutama dalam perihal grafik. lalu malapetaka berlanjut dengan direleasenya expansi Ultima Online: Third Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.
Selain itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta test dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung mengeluarkan banyak biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call menemukan alternatif game yang belom pernah mereka coba. Walau beberapa gamer memiliki banyak account dibermacam-macam game, sebagian besar gamer hanya memiliki waktu untuk fokus pada satu game saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada peluncurannya namun Dark Age of Camelot memasuki pangsa pasar dengan sukses, mereka mendapatkan 200.000 konsumer pada peluncurannya.
Asheron’s Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu terinjak-injak oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul seperti Anarchy Online, Motor City Online, dan World War II Online. Motor City Online mencapai puncak kesuksesannya pada bulan Juni lalu menurun sedikit demi sedikit. Anarchy Online dan World War II Online merugi karena peluncuran yang buruk.
Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 – Oktober 2004

Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.
Kejayaan Warcraft November 2004 – Sekarang

Fitur-fitur yang ditawarkan World of Warcraft seperti kekompleksitasannya, mudah dimainkan, dan perkembangan level mempengaruhi pengembangan game-game online , terutama Dark Age of Camelot, EverQuest, dan serial Lineage.
Pada bulan Juni 2006; 93,5% dari pasar masuk dalam kategori RPG bertema fantasi; 4,1% dalam kategori RPG bertema sci-fi dan superhero; 0,3% adalah simulasi perang dan FPS (First Person Shooting); dan 2,2% dalam kategori komunitas dan lain-lain. Walau sepertinya fantasi lebiih digemari, para developer mengendus prospek dalam game dengan latar belakang sci-fi.
Mereka melihat industri perfilman, dimana sci-fi memiliki kesuksesan yang jauh lebih besar. Beberapa perusahaan berusaha untuk mengeksplorasi potensi ini, seperti dengan direleasenya Auto Assault, City of Villains, Huxley, Seed, dan Tabula Rasa. Perusahaan-perusahaan lainnya memilih untuk tidak mengambil resiko dan menelurkan Age of Conan, Aion, Dungeons & Dragons Online, Gods & Heroes, Hero’s Journey, Lord of the Rings Online, Soul of the Ultimate nation, Vanguard, dan Warhammer Online, dan judul-judul lainnya.
*Diulas dari
http://id-id.lisp4.facebook.com/note.php?note_id=170437156304121
http://forum.gemscool.com/thread-69973.html
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.life123.com/technology/video-games/online-gaming/history-of-online-gaming.shtml
http://archive.kaskus.us/thread/2897401
http://redeyedevil.wordpress.com/2007/10/25/sejarah-online-game-internasional/